makalah pembelajaran kelas rangkap
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Setiap warga negara berhak untuk memperoleh
pendidikan yang layak, demikian dalam undang-undang yang kita miliki dikatakan.
Pendidikan yang layak terjadi sampai pada tingkatan yang paling kecil yaitu
pembelajaran di dalam kelas, artinya bagi semua warga Indonesia yang belum
masuk ataupun sudah berada dalam sistem pembelajaran di kelas memiliki hak yang
sama untuk memperoleh pembelajaran yang layak.
Pembelajaran yang layak adalah pembelajaran
yang dilakukan dengan memenuhi standar minimal pembelajaran yang harus terjadi
di dalam kelas, ada kelas, ada guru, ada bahan ajar, Pembelajaran dapat
berjalan dengan baik ketika memiliki kelengkapan komponen pembelajaran,
bagaimana pembelajaran bisa berjalan baik dan efektif, jika gurunya saja tidak
lengkap, apalagi para murid tidak mempunyai buku-buku yang diperlukan.
Jika murid-murid pada setiap kelas hanya
sedikit, bagaimana guru dapat mengoptimalkan pembelajaran, tanpa mengurangi
nilai keberadaan tenaga guru. Salah satu pendekatan/model yang dapat di
kembangkan untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah melalui
Pembelajaran Kelas Rangkap. Permasalahan lainnya dalam pola pembelajaran dengan
tingkatan kelas sekarang terutama untuk sekolah-sekolah yang terbatas dari
komponen guru, siswa, pembiayaan, sarana dan prasarana adalah terpasilitasinya
setiap kemampuan dan minat anak untuk mata pelajaran tertentu.
Tidak jarang seorang anak yang karena minat dan
penguasaan atas satu mata pelajaran sudah jauh dari teman seangkatannya, mereka
tidak terfasilitasi sehingga memungkinkan memunculkan kebosanan dan kurang
bergairahnya dalam belajar karena merasa sudah memiliki apa yang diajarkan oleh
gurunya di kelas.
Masa menunggu ketika teman-temannya memperoleh
apa yang sudah diperoleh inilah yang sebetulnya dapat dikelola ke dalam satu
model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak untuk masuk dan
mempelajari mata pelajaran tersebut pada tingkatan yang lebih tinggi seperti
pada kelas selanjutnya. Kelas dengan berbagai tingkatan umur tidaklah mudah
dilakukan, hal ini memerlukan perencanaan yang matang dan penelitian yang terus
menerus.
Banyak guru yang merasa enggan dan putus asa
merubah gaya mengajarnya dengan sesuatu yang baru dan berbeda, untuk itu perlu
ditetapkan prioritas dalam pengembangan guru dengan sesutau yang baru tentang
bagaimana mengajar dengan keragaman dalam tingkatan umur, jenis kelamin, sikap
dan kemampuan anak.
Seorang guru
yang mengajar di kelas rangkat tentunya harus memiliki keterampilan
pembelajaran dalam PKR, meliputi keterampilan dalam mengawali dan mengakhiri
dalam proses pembelajaran PKR, cara mendorong belajar asik dan membicarakan
belajar mandiri, cara mengelolo kelas PKR dengan baik, kemitraan antar guru dan
antara guru dan masyarakat serta pembinaan professional guru PKR oleh kepala
sekolah. Hal itu tentu harus dimiliki oleh guru yang mengajar di kelas PKR,
maka dari itu, sebagai calon seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan
tersebut. Pada makalah ini akan dibahas lebih mendalam lagi.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana keterampilan pembelajaran dalam PKR?
2. Bagaimana mengawali dan mengakhiri dalam proses pembelajaran PKR?
3. Bagaimana mendorong belajar asik dan membicarakan belajar mandiri?
4. Bagaimana mengelola kelas pkr dengan baik?
5. Bagaimana kemitraan antar guru dan antara guru dan masyarakat?
6. Bagaimana pembinaan profesional guru pkr oleh kepala sekolah?
C. TUJUAN
1. Untuk mengatahui keterampilan pembelajaran dalam PKR
2. Untuk mengatahui cara mengawali dan mengakhiri dalam proses pembelajaran PKR
3. Untuk mengetahui cara mendorong belajar asik dan membicarakan belajar mandiri
4. Untuk mengetahui cara mengelola kelas PKR dengan baik
5. Untuk mengetahui kemitraan antar guru dan antara guru dan masyarakat
6. Untuk mengetahui pembinaan profesional guru PKR oleh kepala sekolah
D. MANFAAT
1. Dapat mengatahui keterampilan pembelajaran dalam PKR
2. Dapat mengatahui cara mengawali dan mengakhiri dalam proses pembelajaran PKR
3. Dapat mengetahui cara mendorong belajar asik dan membicarakan belajar mandiri
4. Dapat mengetahui cara mengelola kelas PKR dengan baik
5. Dapat mengetahui kemitraan antar guru dan antara guru dan masyarakat
6. Dapat mengetahui pembinaan profesional guru PKR oleh kepala sekolah
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. KETERAMPULAN PEMBELAJARAN DALAM PKR
Keterampilan pembelajaran merupakan dimensi
didaktik-metodik dari tugas guru yang harus di kuasai oleh semua guru. Dalam
mll PKR seperti juga bagi semua guru di persyaratkan menguasai keterampilan
dasar mengajar yang oleh Turney (1977) diidentifikasi menjadi beberapa jenis
keterampilan yakni bertanya, memberi penguatan, menjelaskan, mengadakan
variasi, membuka dan menutup pelajaran, membimbiing diskusi dalam kelompok
kecil, dan membimbing belajar individual. Semua keterampilan dasar sangat
diperlukan oleh setiap guru.
Selanjutnya akan di bahas secara singkat tiga
keterampilan dasar sebagai berikut:
1. Bagaimana Mengawali dan Mengakhiri
1. Bagaimana Mengawali dan Mengakhiri
Guru memerlukan kemahiran dalam mengawali dan
mengakhiri pelajaran dalam hal ini harus di sadari bahwa mengajar memiliki sisi
keilmuan dan sisi kiat atau seni. Kiat atau seni mengajar ini berkenaan dengan
bagaimana guru secara personal menciptakan interaksi belajar mengajar yang
berhasil menarik dan menyenangkan. Di lain pihak sisi keilmuan dari mengajar
berkenaan dengan penalaran guru menenai apa, mengapa,dan bagaimana
membelajarkan siswa.
Sisi keilmuan dan kiat mengajar tidak boleh di pisahkan.
Keduanya harus terpadu dan di perlakukan sebagai dua hal yang saling mengisi
artinya ilmu mengajar harus dapat di wujudkan dalam praktik baik dan kiat
mengajar seyogyanya di landasi oleh prinsip-prinsip keilmuan mengajar.
a.
Mengawali pelajaran
Berikut ini contoh kasus seorang guru yang mengajar tiga kelas dalam dua mata pelajaraan dalam satu ruangan (PKR 321):
Guru : Selamat pagi anak-anak !
Murid : selamat pagi ibu guru (serempak)
Guru : - Coba anak-anak kelas III, IV, dan V semuanya perhatikan !
- Kelas III dan IV belajar IPS dan kelas V Bahasa Indonesia
- Kelas V membuat karangan bebas, kelas IV maenggambar peta kabupaten dan kelas III mencari nama-nama kota kecamatan dikabupaten.
Perlu disadari bahwa dalam membuka pelajaran ada 4 hal pokok yang harus dilakukan oleh seorang guru.
1. Menarik perhatian murid
Berikut ini contoh kasus seorang guru yang mengajar tiga kelas dalam dua mata pelajaraan dalam satu ruangan (PKR 321):
Guru : Selamat pagi anak-anak !
Murid : selamat pagi ibu guru (serempak)
Guru : - Coba anak-anak kelas III, IV, dan V semuanya perhatikan !
- Kelas III dan IV belajar IPS dan kelas V Bahasa Indonesia
- Kelas V membuat karangan bebas, kelas IV maenggambar peta kabupaten dan kelas III mencari nama-nama kota kecamatan dikabupaten.
Perlu disadari bahwa dalam membuka pelajaran ada 4 hal pokok yang harus dilakukan oleh seorang guru.
1. Menarik perhatian murid
Menghadapi murid dalam PKR memerlukan perhatian
khusus, ingat bahwa guru PKR berhadapan dengan kelompok murid lebih dari satu
kelas pada saat yang bersamaan. Untuk itu guru dapat menggunakan salah satu
ruangan atau diluar kelas. Bila PKR itu dilaksanakan dalam sati ruangan setelah
pembukaan pelajaran, guru tinggal meneruskan mengatur penempatan murid tiap
kelas dalam ruangan itu.
Bila PKR itu
dilaksanakan dilebih dari asatu ruangan setelah pembukaan murid dapat menuju
ruangan kelasnya untuk meneruskan pelajaran. Bila pembukaan pelajaran dilakukan
secara bergiliraan dapat mengakibatkan lamanya waktu tunggu kelas-kelas
berikutnya. Bila hal itu terjadi berarti waktu belajar murid diruangan lainnya
menjadi berkurang.
Perhatikan diagram berikut ini!
Pembukaan Model A (bersamaan) sebagai berikut:
Pembukaan Model A (bersamaan) sebagai berikut:
|
Lanjutan
|
Kelas IV
|
Pembukaan
|
Lanjutan
|
Kelas V
|
|
Lanjutan
|
Kelas VI
|
Pk. 7.30-8.00 Pk. 8.00 – 8.50
Pembukaan model B (bergilir/berurutan) sebagai berikut:
Pembukaan di
Kelas IV
|
|
Pembukaan di
Kelas V
|
|
Pembukaan di
Kelas VI
|
Pukul 07.30 pukul 07.40 pukul 07.50
(menunggu 10 menit) (menunggu 20 menit)
Oleh karna itu
gunakan cara pembukaan Model A
Berbagai cara membuka pelajaran dapaat anda lakukan antara lain dengan:
- Memperhatikan benda, alat, gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran
- Memberikan aba-aba perhatian dan ucaapan salam pembuka.
- Membunyikan sesuatu, misalnya peluit.
Berbagai cara membuka pelajaran dapaat anda lakukan antara lain dengan:
- Memperhatikan benda, alat, gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran
- Memberikan aba-aba perhatian dan ucaapan salam pembuka.
- Membunyikan sesuatu, misalnya peluit.
2. Menimbulkan
motivasi belajar
Motivasi
belajar secara sederhana dapat diartikan dorongan dari dalam diri murid dan
dari luar diri murid untuk melakukan sesuatu yang berkenaan dengan pengetahuan,
sikap, nilai, keterampilan. Guru dan lingkungan belajar termasuk didalamnya
lingkungan kelas, bahan, sumber, merupakan dua unsur penting diluar diri murid.
Guru dan apa-apa yang dilakukannya untuk membuat murid-mirid mau, mampu dan
biasa belajar merupakan motivasi belajar ekstrinsik atau instrumental. Kemauan,
kebutuhan, semangat, rasa senang yang ada dalam diri manusia merupakan motivasi
belajar intrinsik. Motivasi belajar ekstrinsik dan intrinsik haarus dapat
ditimbulkan secara terpaadu. Dengan demikian kedua motivasi tersebut
menjadikaan energi atau daya yaang dapat menggerakkan murid untuk belajar, dalam
arti mengalami perubahan prilaku. Setidaknya ada 4 cara yang dapat seyogyanya
dilakukan oleh guru PKR:
a. Menunjukkan kehangatan dan semangat.
b. Menimbulkan rasa penasaran/ingin tahu
c. Mengemukakan ide yang bertentangan
d. Memperhatikan minat murid.
a. Menunjukkan kehangatan dan semangat.
b. Menimbulkan rasa penasaran/ingin tahu
c. Mengemukakan ide yang bertentangan
d. Memperhatikan minat murid.
a. Kehangatan dan semangat kehangatan seorang guru terhadap muridnya tercermin dari:
• Penampilan yang ceria
• Perhatian yang penuh kesungguhan
Semangat seorang guru dalam menghadapi murid tercermin dari:
• Santun bahasa yang akrab
• Gairah dalam melakukan tugas mengajar
• Respon yang diberikan kepada siswa
b. Rasa penasaran/ ingin tahu murid
Rasa penasaran murid tercermin dari perhatian murid pada saat guru berbicara dan pertanyaan murid terhadap materi. Untuk dapat memancing rasa penasaran guru harus berpikir dan berbicara secara logis dan sistematis.
c. Ide yang
bertentangan
Adanya ide yang bertentangan dapat menimbulkan terjadinya disonansi kognitif dalam diri seseorang. Disonansi kognitif adalah situasi dalam pikiran seseorang yang penuh pertanyaan. Untuk dapat menimbulkan ide yang bertentangan, guru dapat menyajikan suatu kasus atau cerita bermasalah.
Adanya ide yang bertentangan dapat menimbulkan terjadinya disonansi kognitif dalam diri seseorang. Disonansi kognitif adalah situasi dalam pikiran seseorang yang penuh pertanyaan. Untuk dapat menimbulkan ide yang bertentangan, guru dapat menyajikan suatu kasus atau cerita bermasalah.
d. Minat siswa
Minat dapat diartikan sebagai rasa tertarik pada sesuatu. Minat seseorang dapat berpusat pada sesuatu hal yang dirasakan member kepuasan batiniah. Setiap orang memiliki minat yang berbeda. Ada orang yang memiliki minat lebih banyak pada olah raga tertentu atau kesenian tertentu. Adapula beberapa orang memiliki minat pada sesuatu dengan kadar bervariasi.
Minat dapat diartikan sebagai rasa tertarik pada sesuatu. Minat seseorang dapat berpusat pada sesuatu hal yang dirasakan member kepuasan batiniah. Setiap orang memiliki minat yang berbeda. Ada orang yang memiliki minat lebih banyak pada olah raga tertentu atau kesenian tertentu. Adapula beberapa orang memiliki minat pada sesuatu dengan kadar bervariasi.
3. Memberi
Acuan Belajar
Proses belajar dalam situasi pendidikan formal antara lain ditandai oleh keterarahan, Keterarahan merupakan perwujudan dari proses belajar yang terpadu oleh dan terkait kepada tujuan belajar. Acuan yang diberikan pada awal pelajaran dapat memberi jalan bagi terjadinya proses belajar yang berorientasi tujuan.Acuan yang dimaksud adalah acuan dalam situasi PKR.
Proses belajar dalam situasi pendidikan formal antara lain ditandai oleh keterarahan, Keterarahan merupakan perwujudan dari proses belajar yang terpadu oleh dan terkait kepada tujuan belajar. Acuan yang diberikan pada awal pelajaran dapat memberi jalan bagi terjadinya proses belajar yang berorientasi tujuan.Acuan yang dimaksud adalah acuan dalam situasi PKR.
Acuan belajar
dapat diberikan antara lain dengan empat cara:
a) Tujuan dan batas-batas tugas
Tujuan adalah gambaran perilaku yang diharapkan terbentuk sebagai dampak dari proses pembelajaran. Tujuan dapat bersifat jangka pendek. Misalnya kemampuan menjelaskan, kecenderungan berbuat, dan keterampilan manual. Tujuan dapat pula bersifat jangka panjang yang hasilnya baru dapat dilihat dalam jangka waktu tertentu, misalnya kebiasaan, komitmen, dan kesenangan
Dalam rangka PPKR tujuan pasti bersifat neka aras atau multi level dan neka matra atau multi dimensional. Tujuan belajar untuk kelas IV, V, VI dalam PKR 321 pasti memiliki tujuan yang beraneka dalam tingkat dan bidangnya. Untuk kejelasan bagi murid, guru harus mengemukakan aras dan matra tujuan untuk ketiga kelas itu. Batas tugas adalah adalah garis yang dapat dipegang oleh murid seberapa jauh mereka harus melakukan suaatu tugas atau pengalaman belajar. Batas tugas secara konseptual tercermin dalam tujuan dan prosedur kegiatan belajar yang akan dilalui.
a) Tujuan dan batas-batas tugas
Tujuan adalah gambaran perilaku yang diharapkan terbentuk sebagai dampak dari proses pembelajaran. Tujuan dapat bersifat jangka pendek. Misalnya kemampuan menjelaskan, kecenderungan berbuat, dan keterampilan manual. Tujuan dapat pula bersifat jangka panjang yang hasilnya baru dapat dilihat dalam jangka waktu tertentu, misalnya kebiasaan, komitmen, dan kesenangan
Dalam rangka PPKR tujuan pasti bersifat neka aras atau multi level dan neka matra atau multi dimensional. Tujuan belajar untuk kelas IV, V, VI dalam PKR 321 pasti memiliki tujuan yang beraneka dalam tingkat dan bidangnya. Untuk kejelasan bagi murid, guru harus mengemukakan aras dan matra tujuan untuk ketiga kelas itu. Batas tugas adalah adalah garis yang dapat dipegang oleh murid seberapa jauh mereka harus melakukan suaatu tugas atau pengalaman belajar. Batas tugas secara konseptual tercermin dalam tujuan dan prosedur kegiatan belajar yang akan dilalui.
b)
Langkah-langkah yang akan ditempuh
Langkah-langkah yang akan ditempuh berisi urut-urutan kegiatan yang dirancang guru untuk murid-muridnya dalam mencapai tujuan belajar. Dalam rangka PPKR 321, harus dikemukakan dengan jelas urutan kegiatan yang harus dilakukan oleh masing-masing kelas IV, V, VI. Dengan demikian pada masing-masing kelas itu dapat memperoleh pengalaman belajar yang sistematis.
Langkah-langkah yang akan ditempuh berisi urut-urutan kegiatan yang dirancang guru untuk murid-muridnya dalam mencapai tujuan belajar. Dalam rangka PPKR 321, harus dikemukakan dengan jelas urutan kegiatan yang harus dilakukan oleh masing-masing kelas IV, V, VI. Dengan demikian pada masing-masing kelas itu dapat memperoleh pengalaman belajar yang sistematis.
c) Masalah
pokok sebagai pusat perhatian
Masalah pokok bisa berupa konsep misalnya keluarga kecil, atau masalah faktual misalnya keadaan desa-desa miskin. Masalah pokok tersebut perlu dikemukakan pada awal pelajaran.
Masalah pokok bisa berupa konsep misalnya keluarga kecil, atau masalah faktual misalnya keadaan desa-desa miskin. Masalah pokok tersebut perlu dikemukakan pada awal pelajaran.
d) Pertanyaan
pemicu belajar
Pada awal pelajaran guru dapat melontarkan pertanyaan pemicu. Pertanyaan pemicu dimaksudkan sebagai pemandu awal yang berfungsi member acuan bagi murid dalam belajar. Pertanyaan sebagai pemicu dan sekaligus sebagai acuan belajar secara psikologis mempunyai kemampuan merangsang pikiran dan menumbuhkan rasa ingin tahu.
Pada awal pelajaran guru dapat melontarkan pertanyaan pemicu. Pertanyaan pemicu dimaksudkan sebagai pemandu awal yang berfungsi member acuan bagi murid dalam belajar. Pertanyaan sebagai pemicu dan sekaligus sebagai acuan belajar secara psikologis mempunyai kemampuan merangsang pikiran dan menumbuhkan rasa ingin tahu.
4. Membuat
kaitan atau jalinan konseptual
Awal pelajaran merupakan jembatan antara pengalama lama dan baru. Bila pengalaman lama dan baru dapat dijembatani dengan baik, maka proses belajar akan berlangsung lebih bermakna. Oleh karena itu, pada pembukaan pelajaran guru harus membangun kaitan antar materi antara lain melalui;
Awal pelajaran merupakan jembatan antara pengalama lama dan baru. Bila pengalaman lama dan baru dapat dijembatani dengan baik, maka proses belajar akan berlangsung lebih bermakna. Oleh karena itu, pada pembukaan pelajaran guru harus membangun kaitan antar materi antara lain melalui;
• Penyampaian
pertanyaan apersepsi yakni pertanyaan mengenai bahan lam yang telah dipelajari sebelumnya.
• Perangkuman materi pelajaran yang lalu dengan maksud untuk memetakan apa-apa yang telah dipelajari murid.
• Perangkuman materi pelajaran yang lalu dengan maksud untuk memetakan apa-apa yang telah dipelajari murid.
b. Mengakhiri
Pelajaran
Mengakhiri pelajaran atau menutup pelajaran sama pentingnya dengan membuka pelajaran. Menutup pelajaran dilakukan secara bersama-sama di mana murid semua kelas yang dirangkap hadir dalam satu ruangan. Dalam rangka menutup pelajaran ada tiga kegiatan pokok yang harud dilakukan:
Mengakhiri pelajaran atau menutup pelajaran sama pentingnya dengan membuka pelajaran. Menutup pelajaran dilakukan secara bersama-sama di mana murid semua kelas yang dirangkap hadir dalam satu ruangan. Dalam rangka menutup pelajaran ada tiga kegiatan pokok yang harud dilakukan:
1. Meninjau kembali
Untuk mengecek apakah penataan pengalaman belajar memenuhi tuntutan pedagogis sebagaiman diisyaratkan dalam tujuan, pada akhir pelajaran perlu diadakan peninjauan kembali. Kegiatan tersebut dapar dilakukan dengan cara merangkum atau membuat ringkasan.
2. Mengadakan
evaluasi
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran perlu diadakan evaluasi. Evaluasi ini dapat dilakukan antar lain dengan cara:
a. Mendemontrasikan keterampilan
b. Menerapkan ide baru pada situasi lain
c. Mengemukakan pendapat sendiri
d. Memberikan soal-soal secara tertulis
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran perlu diadakan evaluasi. Evaluasi ini dapat dilakukan antar lain dengan cara:
a. Mendemontrasikan keterampilan
b. Menerapkan ide baru pada situasi lain
c. Mengemukakan pendapat sendiri
d. Memberikan soal-soal secara tertulis
3. Memberikan
tindak lanjut
Tindak lanjut berfungsi sebagai jembatan materi lama dengan materi baru. Tindak lanjut dapat dilakukan dengan cara memberikan pekerjaan rumah, merancang sesuatu, atau mengkomunikasikan sesuatu. Dari sudut proses belajar individu, tindak lanjut dapat pula berfungsi sebagai penerapan yang telah dipahami.
Tindak lanjut berfungsi sebagai jembatan materi lama dengan materi baru. Tindak lanjut dapat dilakukan dengan cara memberikan pekerjaan rumah, merancang sesuatu, atau mengkomunikasikan sesuatu. Dari sudut proses belajar individu, tindak lanjut dapat pula berfungsi sebagai penerapan yang telah dipahami.
2. Bagaimana
Mendorong Belajar Asik dan Membicarakan Belajar Mandiri
Pada
hakikatnya adalah berubah, sedangkan perubahan yang terjadi pada idividu siswa
yang berkenaan dengan pengetahuan nilai dan sikap keterampilan dan kebiasaan
belajar. oleh Karena itu proses pembelajaran yang baik adalah proses yang
memunkinkan siswa belajar dengan optimal.
Sedangkan
pembelajaran aktif adalah memperoleh pengetahuan nilai dan sikap, keterampilan
dan kebiasan belajar melalui pemanfaatan rangsangandari luar diri siswa untuk
membangkitkan kemampuan belajar secara optimal.
Mengapa
belajar aktif perlu di gerakkan?
a. Ada bukti
yang kuat bahwa siswa yang berinisiatif kuat dalam belajar dapat belajar lebih
banyak, dan lebih baik daripada individu yang tergantung pada guru
b. Belajar aktif lebih sesuai dalam ppembelajaran alami
c. Perkembangan baru dalam berbagai aspek pendidikan menempatkan siswa sebagai pembelajaran yang aktif.
b. Belajar aktif lebih sesuai dalam ppembelajaran alami
c. Perkembangan baru dalam berbagai aspek pendidikan menempatkan siswa sebagai pembelajaran yang aktif.
Untuk mendaatka
siswa yang aktif, guru PKR harus menguasai beberapa keterampilan seperti:
a. Membimbing diskusi kelompok kecil
a. Membimbing diskusi kelompok kecil
Kelas
PKR di tandai dengan adanya dua kelompok siswa berbeda kelas dalam satu atau
dua ruangan yan di hadai oleh seorang guru. keterampila yang harus dimiliki
oleh guru pkr adalah
• Memusatkan
perhatian murid dengan cara merumuskan tujuan masalah dan langkah yang akan di
tempuh
• Memperjelas masalah yang menjadi pusat perhatian diskusi
• Menganalisis pendapat murid
• Memeratakan kesempatan berbicara dengan cara mencegah adanya monopoli
• Memacu proses berpikir dengan cara mengajukan pertanyan acakan
• Menutup diskusi dengan cara pelaporan kelompok dan membuat rangkuman
b. Mengajar kelompok kecil dan perorangan
• Memperjelas masalah yang menjadi pusat perhatian diskusi
• Menganalisis pendapat murid
• Memeratakan kesempatan berbicara dengan cara mencegah adanya monopoli
• Memacu proses berpikir dengan cara mengajukan pertanyan acakan
• Menutup diskusi dengan cara pelaporan kelompok dan membuat rangkuman
b. Mengajar kelompok kecil dan perorangan
Di
sd kecil ada kalanya guru menghadapi kelas yang iswnya hanya 2 orang di rangkap
dengan kelas lain yang jumlahnya lebih banyakwalau tidak sbanyak murid normal.
untuk menhadapi situuasi ini guru pkr di tuntut untuk menguasai ketermpilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Dalam situasi
ini peran guru yang perlu dihayati yakni sebagai:
• Penataan kegiatan belajar mengajar
• Sumber iformasi bagi urid
• Pendorong belajaran siwa
• Penyedia materi dan pembuk kesempaan belajar murid
• Pendiagnosa kebutuhan belajar murid
• Memberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan murid
• Mitra kerja dalam kegiatan belajar
Sedangkan uuk mendapatkan peran itu guru pkr perlu menguasai sejumlah ketermpilan sebagai berikut
1. Keterampilan pengadaan pendekatan secara pribadi
2. Keterampilan menata kegiatan belajar mengajar
3. Keterampilan mengarahkan dan member kemudahan belajar
c. Mengadakan variasi
• Penataan kegiatan belajar mengajar
• Sumber iformasi bagi urid
• Pendorong belajaran siwa
• Penyedia materi dan pembuk kesempaan belajar murid
• Pendiagnosa kebutuhan belajar murid
• Memberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan murid
• Mitra kerja dalam kegiatan belajar
Sedangkan uuk mendapatkan peran itu guru pkr perlu menguasai sejumlah ketermpilan sebagai berikut
1. Keterampilan pengadaan pendekatan secara pribadi
2. Keterampilan menata kegiatan belajar mengajar
3. Keterampilan mengarahkan dan member kemudahan belajar
c. Mengadakan variasi
Belajar bagi
siswa sd dan mengajar bagi guru-guru sd bias merupakan kegiatan yan
menyenangkan dan menantang juga bias menjadi kegiatan tidak menarik dan
membosankan. demiiianlah sebagai guru peristiwa belajar mengajar bias merupakan
kebiasaan yang menyenangkan dan menantang bila strategi.
Dapatkah guru mengubah kelas yang idak menarik dan membosanka n membuat siswa betah dan senng,? dari pertanyaan itu kita pasti berpikir untuk menelaah tentang pembelajaran bagaimana m,enciptan pembelajaran yang menyenangkan, jika melihat realitanya pasti kikta akan menggunakan mmetode ataupun variasi yang berarti keaneka ragaman
Dapatkah guru mengubah kelas yang idak menarik dan membosanka n membuat siswa betah dan senng,? dari pertanyaan itu kita pasti berpikir untuk menelaah tentang pembelajaran bagaimana m,enciptan pembelajaran yang menyenangkan, jika melihat realitanya pasti kikta akan menggunakan mmetode ataupun variasi yang berarti keaneka ragaman
1. Variasi gaya
mengajar
Teacher style adalah penampilan guru dalam mengolah dan mengelola ransangan belajar dan lingkunhan belajar.
Penampila mengajar guru di warnai dengan
a. Olah suasana dan berbicara
b. Perhatian yang termasuk dalam pemusatan pemerhatian siswa
c. Kesenyapan pada saat berbicara dalam memberi kesempatan penyimak untuk mengendapkan ide.
d. Kontak pandang terhadap murid, yang memberi kesan semua murid mendapatkan tatapan hangat guru.
e. Olah gerak dan mimik yang terlukis pada gerak fisik/badani guru dan tampilan wajah pada saat menghadapi murid-muridnya.
f. Alih posisi berdiri dalam menguasai kelas yang memungkinkan guru dapat mendekati semua kelompok murid dan memungkinkan murid merasakan perhatian yang sama dari guru.
2. Variasi Media dan Sumber
Teacher style adalah penampilan guru dalam mengolah dan mengelola ransangan belajar dan lingkunhan belajar.
Penampila mengajar guru di warnai dengan
a. Olah suasana dan berbicara
b. Perhatian yang termasuk dalam pemusatan pemerhatian siswa
c. Kesenyapan pada saat berbicara dalam memberi kesempatan penyimak untuk mengendapkan ide.
d. Kontak pandang terhadap murid, yang memberi kesan semua murid mendapatkan tatapan hangat guru.
e. Olah gerak dan mimik yang terlukis pada gerak fisik/badani guru dan tampilan wajah pada saat menghadapi murid-muridnya.
f. Alih posisi berdiri dalam menguasai kelas yang memungkinkan guru dapat mendekati semua kelompok murid dan memungkinkan murid merasakan perhatian yang sama dari guru.
2. Variasi Media dan Sumber
Media
adalah alat dan bahan yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pesan yang
dapat berupa ide, informasi, pendapat kepada murid. Media dapat terlihat atau
visual, terdengar atau audio dan teraba atau taktil.
Sumber
adalah benda, manusia dan situasi yang berisikan atau menghasilkan informasi,
berupa data, fakta, ide, rangsangan yang dapat digunakan oleh guru dan murid dalam
berkomunikasi. Sumber dapat berupa barang tercetak seperti buku, modul, bahan
terekam seperti kaset audio, bahan tersiar seperti siaran radio atau TV,
manusia sumber dan pengaruh yang ditimbulkan oleh masing-masing jenis sumber
tertentu.
Keterampilan
guru memanfaatkan aneka ragam media dan sumber secara tepat guna dan layak akan
dapat membangun iklim atau suasana belajar-mengajar yang menarik, menantang,
menyenangkan dan mengasikkan. Untuk itu guru seyogyanya terampil dalam memilih,
menyesuaikan, menggunakan dan bila mungkin mengelola kembali media dan sumber
itu sesuai kebutuhan.
3) Variasi Pola
Interaksi dan Kegiatan
Siswa
sebagai individu pelajar, yakni orang yang melakukan peristiwa belajar secara
manusiawi harus dipandang sebagai makhluk yang memiliki potensi menerima dan
mengelola informasi melalui pengalaman kongkrit, pengamatan mendalam,
pengkonsepan dan konseptualisasi secara abstrak dan percobaan luas atau
eksperimen, (Kolb:1987). Dengan kata lain proses belajar siswa harus diartikan
sebagai aktivitas individu dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman.
Pengalaman
tidaklah berisi tunggal tetapi selalu bersudut jamak. Oleh karena itu
pengalaman belajar murid (learning experiences) yang baik dan bermakna adalah
pengalaman belajar yang dibangun melalui aneka ragam pola interaksi dan
kegiatan yang sengaja dikembangkan oleh guru.
Oleh
karena itu bila guru ingin membangun pengalaman belajar siswa yang bermakna,
guru seyogyanya menguasai keterampilan penganekaragaman pola interaksi dan
kegiatan. Bila dilihat dari jumlah peserta murid dalam suatu kegiatan belajar,
kegiatan belajar dapat berupa kegiaan perseorangan, pasangan dan kelompok kecil
(3-5 orang), kelompok besar (6-10 orang), dan klasikal (11-30 orang). Pola
interaksi yang bisa terjadi pada setiap jenis kegiatan tidak selalu sama
seperti dapat digambarkan sebagai berikut:
1.
Pola interaksi perseorangan (pola INPERS)
Pola
ini menekan pada komunikasi antar siswa dalam memanfaatkan sumber belajar
2.
Pola interaksi pasangan (pola INPAS)
Pola ini menekankan pada interaksi siswa secara
pasangan dalam memanfaatkan sumber belajar dan kerja sama antar siswa
3. Pola interaksi kelompok kecil
Pola ini
menekankan pada partisipasi dan intensitas belajar siswa secara individual dan
kelompok dalam memanfaatkan sumber belajar
4. Pola interaksi kelompok besar
Pola ini menekankan pada partisipasi siswa
dalam kelompok besar melalui komunikasi antar individu dalam kelompok, kerja
sama kelompok dan kompetisi sehat antar kelompok.
5.
Pola Interaksi Klasikal (pola INKLAS)
Pola interaksi
ini menekankan pada layanan belajar terhadap kelompok siswa di bawah kendali
langsung guru, kerja sama kelompok kelas dan pemanfaatan sumber belajar lintas
kelas.
3. Bagaimana
Mengelola Kelas PKR Dengan Baik
Perlu
disadari bahwa kelas PKR memerlukan perhatian yang lebih dari kelas biasa
karena karakteristik pembelajaran dalam PKR jauh lebih beragam daripada di
kelas biasa. Namun demikian tuntutan pedagogisnya sama yakni situasi belajar
yang perlu diciptakan harus memungkinkan murid dapat memanfaatkan waktu belajar
secara efektif.
Untuk dapat menciptakan dan memelihara suasana kelas yang memungkinkan optimalnya kualitas pembelajaran dan keterlibatan murid, perlu pengelolaan kelas yang baik. Untuk itu guru harus menguasai keterampilan mengelola kelas.
Untuk dapat menciptakan dan memelihara suasana kelas yang memungkinkan optimalnya kualitas pembelajaran dan keterlibatan murid, perlu pengelolaan kelas yang baik. Untuk itu guru harus menguasai keterampilan mengelola kelas.
Keterampilan
mengelola kelas mencakup kemampuan guru untuk:
a. Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang optimal.
b. Mengendalikan kondisi belajar yang optimal dan mengatasi perilaku murid yang menyimpang
a. Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang optimal.
b. Mengendalikan kondisi belajar yang optimal dan mengatasi perilaku murid yang menyimpang
a.
Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang
optimal
Situasi kelas yang optimal ditandai oleh
tingginya persentase waktu yang digunakan siswa untuk melakukan tugas-tugas,
dan tingginya persentase yang digunakan oleh murid untuk melibatkan diri dalam
interaksi kelas.
Untuk
dapat menciptakan situasi tersebut guru seyogyanya terampil dalam:
1) Menanggapi dengan penuh kepekaan terhadap hal-hal yang mengganggu jalannya interaksi belajar mengajar. Misalnya, bila guru sedang menjelaskan suatu kemudian melihat ada dua orang siswa yang sedang berbisik atau menganggu murid lain, guru harus segera menanggapinya, jangan sekali-kali membiarkan hal tersebut.
2) Memeratakan perhatian terhadap semua kelompok secara visual maupun verbal.
1) Menanggapi dengan penuh kepekaan terhadap hal-hal yang mengganggu jalannya interaksi belajar mengajar. Misalnya, bila guru sedang menjelaskan suatu kemudian melihat ada dua orang siswa yang sedang berbisik atau menganggu murid lain, guru harus segera menanggapinya, jangan sekali-kali membiarkan hal tersebut.
2) Memeratakan perhatian terhadap semua kelompok secara visual maupun verbal.
Berikan tatapan
wajah kepada seluruh kepada seluruh kelas dan berbicaralah dengan baik.
Jangan
sekali-kali hanya memandang ke salah satu sudut dan berbicara hanya kepada
murid atau kelompok tertentu saja.
3) Memberikan teguran dengan arif dan bijaksana bila melihat terjadinya perilaku
3) Memberikan teguran dengan arif dan bijaksana bila melihat terjadinya perilaku
Menyimpang dari
siswa. Teguran yang sarkastik (kasar) bukan hanya tidak akan efektif tetapi
akan melukai perasaan murid. Apalagi memberikan hukuman fisik atau menyuruh
melakukan kegiatan yang tidak berguna, misalnya menjilati tembok tidak
dibenarkan. Jangan pula takut menegur karena bila guru membiarkan perilaku
menyimpang sama saja dengan menguatkan penyimpangan itu.
4) Memberikan penguatan verbal, gestural, kegiatan, kedekatan dan token, sesuai dengan keperluan dan situasi secara wajar. Berikan pujian terhadap perilaku yang baik untuk mendorong munculnya perilaku baik itu lebih sering.
4) Memberikan penguatan verbal, gestural, kegiatan, kedekatan dan token, sesuai dengan keperluan dan situasi secara wajar. Berikan pujian terhadap perilaku yang baik untuk mendorong munculnya perilaku baik itu lebih sering.
b.
Mengendalikan kondisi belajar yang optimal
Suatu saat guru akan mengalaminya situasi kelas
sering terganggu oleh perbuatan satu atau dua orang siswa memerlukan perhatian.
Bila ada siswa yang berperilaku menyimpang janganlah dibiarkan tetapi harus
dikendalikan. Ingatlah hakikat belajar adalah berubah. Jadi bila guru melihat
adanya perilaku menyimpang dari situasi belajar harus segera diarahkan kembali
kepada situasi belajar saat itu.
Mengubah
perilaku menyimpang dapat dilakukan dengan cara:
1) Mengajarkan dan memberi contoh perilaku yang diinginkan
2) Menguatkan perilaku yang baik dengan pujian yang wajar, dan
3) Memberi hukuman yang benar dan wajar terhadap perilaku menyimpang
1) Mengajarkan dan memberi contoh perilaku yang diinginkan
2) Menguatkan perilaku yang baik dengan pujian yang wajar, dan
3) Memberi hukuman yang benar dan wajar terhadap perilaku menyimpang
Dalam upaya
mengatasi perilaku yang menyimpang ada sejumlah teknik yang dapat dipakai:
1) Mengabaikan sementara apa yang direncanakan
2) Melakukan campur tangan dengan isyarat
3) Mengawasi dari dekat
4) Menerima perasaan negatif murid
5) Mendorong murid mengungkapkan perasaannya
6) Menjauhkan benda-benda yang dapat mengganggu
7) Menghilangkan ketegangan dengan humor
8) Mengatasi penyebab gangguan
9) Membatasi secara fisik
10) Menjauhkan pengganggu
1) Mengabaikan sementara apa yang direncanakan
2) Melakukan campur tangan dengan isyarat
3) Mengawasi dari dekat
4) Menerima perasaan negatif murid
5) Mendorong murid mengungkapkan perasaannya
6) Menjauhkan benda-benda yang dapat mengganggu
7) Menghilangkan ketegangan dengan humor
8) Mengatasi penyebab gangguan
9) Membatasi secara fisik
10) Menjauhkan pengganggu
Dengan
menguasai teknik-teknik tersebut kini Anda memiliki bekal untuk dapat
menampilkan diri sebagai guru PKR yang berhasil.
1. Guru PKR perlu memiliki kemampuan mengajar
yang memadai agar proses pembelajaran berhasil dengan baik.
2. Membuka pelajaran merupakan jembatan
pengalaman belajar lama dan baru yang sekaligus berfungsi sebagai langkah awal
yang menentukan mulus tidaknya proses belajar murid.
3. Ada empat
Dari uraian dan
pembahasan dalam bab ini dapat dikemukakan beberapa butir penting sebagai
intisarinya:
yang harus dilakukan dalam membuka pelajaran
a. Menarik perhatian siswa
b. Menimbulkan motivasi belajar
c. Memberi acuan belajar
d. Membuat kaitan materi
yang harus dilakukan dalam membuka pelajaran
a. Menarik perhatian siswa
b. Menimbulkan motivasi belajar
c. Memberi acuan belajar
d. Membuat kaitan materi
4. Dalam PKR pembukaan pelajaran untuk semua
kelas yang dirangkap seyogyanya diberikan secara bersama-sama di satu ruang
atau tempat.
5.
Mengakhiri pelajaran merupakan review terhadap
pelajaran yang berlangsung dan berfungsi sebagai jembatan antara pengalaman
baru dengan pengalaman yang akan datang.
6. Ada tiga hal yang harus dilakukan dalam
menutup pelajaran:
a. Meninjau kembali
b. Mengadakan evaluasi penguasaan murid, dan
c. Memberikan tindak lanjut
a. Meninjau kembali
b. Mengadakan evaluasi penguasaan murid, dan
c. Memberikan tindak lanjut
7.
Proses belajar aktif perlu dikembangkan dalam pelaksanaan PKR dengan
menciptakan iklim belajar yang ditandai oleh suasana yang hangat, adanya .
8. Rasa saling hormat, terjadinya dialog- dialog,
peran murid yang jelas, dan adanya saling percaya.
Untuk mengembangkan kebiasaan belajar aktif guru PKR perlu menguasai dan menerapkan :
a. bimbingan diskusi kelompok kecil
b. pembelajaran kelompok kecil dan perorangan, dan.
c. penganekaragaman pembelajaran.
Untuk mengembangkan kebiasaan belajar aktif guru PKR perlu menguasai dan menerapkan :
a. bimbingan diskusi kelompok kecil
b. pembelajaran kelompok kecil dan perorangan, dan.
c. penganekaragaman pembelajaran.
9.
Dalam membimbing diskusi kelompok kecil
guru PKR harus termpil dalam :
memusatkan
perhatian, memperjelas masalah, menganalisis pendapat, meninga dan miningkatkan
kesempatan bebicara dan mengeluarkan pendapat, memacu proses berbikir dan
memnutup diskusi.
10.
Dalam mengajar kelompok kecil dan perorangan guru PKR harus terampil dalam :
pendekatan pribadi, menata kegiatan belajar- mengajar, dan memberi arahan dan
kemudahan belajar.
11.
Dalam menganekaragaman pembelajaran guru PKR harus terampil dalam menerapkan
variasi gaya belajar, media dan sumber, dan pola interaksi dan kegiatan
belajar- mengajar.
12.
Iklim kelas PKR yang baik adalah yang produktif yakni suasana kelas yang
kememungkinkan siswa menerima pembelajaran yang memadai dan melibatkan diri
dalam pembelajaran secara bermakna.
13.
Untuk dapat menciptakan iklim belajar yang efektif guru PKR harus terampil
dalam:
a. Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang memberi suasana pencapaian tujuan.
b. Mengendalikan kondisi belajar dan mengatasi perilaku yang menyimpang.
a. Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang memberi suasana pencapaian tujuan.
b. Mengendalikan kondisi belajar dan mengatasi perilaku yang menyimpang.
14.
Dalam menciptakan dan memelihara situasi kelas yang optimal guru PKR harus
terampil dalam menghadapi suasana belajar, memeratakan perhatian, memberi
penugasan yang jelas, memberi teguran yang arif dan bijaksana, dan memberikan
penguatan yang tepat.
15.
Dalam mengendalikan kondisi belajar yang optimal dan mengatasi perilaku
menyimpang guru harus terampil dalam mengajarkan dan memberi contoh.
B. KEMITRAAN ANTAR GURU DAN ANTARA GURU DAN
MASYARAKAT.
Jabatan
guru merupakan salah satu jabatan profesional dalam masyarakat. Karena itu,
profesionalisme guru perlu dibina dan ditinggalkan. Salah satu unsur
profesionalisme yakni “kolegialisme” atau kesejawatan antar guru seyognya
mendapat perhatian dalam pelaksanaannya.
Dalam
pelaksanaannya PKR kemitraan antar guru dan antar guru denhgan masyarakat
sangatlah penting, lebih- lebih guru yang bertugas di SD yang sumber belajarnya
di sekolah sangat terbatas. Karena itu iklim kerja sama perlu dibangun dan
dipelihara. Wihardit (1997) menawarkan beberapa cara dalam membangun iklim
kerja sama sebagai berikut :
1.
Mengumpulkan data statistik dan sumber imformasi yang diperlukan.
2.
Melakukan negoisasi (perundingan) dengan tokoh masyarakat.
3.
Memberikan peranan nyata kepada masyarakat sekitar sekolah.
4.
Melaporkan keadaan sekolah, dan memberikan tanda penghargaan kepada anggota
masyarakat yang telah membantu sekolah.
Dengan
membiasakan diri bermitra kerja guru dapat saling mengisi kekurangan. Misalnya
guru yang lebih menguasai mata pelajaran IPA dapat membantu guru lain yang
kurang menguasai bidang itu.
Melalui
pembiasaan kerja sama antar sekolah dan antar guru dapat dicapai hal- hal
sebgai berikut :
1. Program
pembelajaran dapat dilkukan secra lebih efisien dan efektif dalam arti hemat
sumber daya dan mencapai tujuan secara optimal.
2. Terciptanya
suasana kebersamaan dan kesejawatan antar guru dalam membangun dan memelihara
suasana pendidikan persekoilahan yang demokratis.
3. Kebersamaan
dan kesejawatan antar guru akan menjadi model bagi para siswa dalam membina
persahabatan antar siswa karena mereka akan merasa senang bergaul dengan
gurunya.
4. Pemecahan masalah-masalah pendidikan di SD akan menjadi semakin mudah dan ringan karena semua guru dan kepala sekolah menerapkan prinsip “berat sama dipikul ringan sama dijinjing”.
4. Pemecahan masalah-masalah pendidikan di SD akan menjadi semakin mudah dan ringan karena semua guru dan kepala sekolah menerapkan prinsip “berat sama dipikul ringan sama dijinjing”.
C. PEMBINAAN PROFESIONAL GURU PKR OLEH KEPALA
SEKOLAH.
Profesionalisme guru mengandung nuansa
kepakaran, kesejawatan, dan moralitas. Guru profesional adalah guru yang
berkemampuan, bermasyarakat, dan berkepribadian. Kemampuan mencakup penguasaan
bahan ajar, metode pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pemahaman peserta
didik. Semua unsur kemampuan ini perlu selalu disegarkan dan ditingkatkan agar
guru tidak statis dalam arti bertahun- tahun mengajar penampilannya tetap
bahkan semakin menurun.
Guru profesional harus tampil sebgai sosok
manusia yang haus pengetahuan, peka terhadap kebutuhan peserta didik, tanggap
terhadap perkembangan dan permasalahan baru, cintaa kebenaran, toleran terhadap
sesama guru, akomodatif terhadap masyarakat, berpandangan jauh ke depan, tidak
cepat putus asa dan selalu mau dan berani menerapkan yang dinilai baik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Untuk mendapatkan kualitas guru PKR seperti
tersebut di atas diperlukan berbagai sarana pembinaan profesional guru yang
dapat dimamfaatkan secara mandiri oleh setiap guru antara lain sebagai berikut
:
1.
Dibawah koordinasi kepala sekolah mengadakan dan membiasakan perencanaan PKR
secara bersama oleh guru- guru SD satu sekolah misalnya dalam menyusun jadwal,
menetapkan kelas- kelas yang dirangkap, menata ruangan, memamfaatkan sumber
belajar, dan memecahkan masalah yang dihadapi.
2.
Dibawah koordinasi kepala kantor Depdibud setempat mengadakan dan mengupayakan
kerja sama antara SD satu dengan SD lain yang berdekatan dan atau anatara SD
dengan masyarakat sekitar sekolah.
3.
Dibawah koordinasi kepala Kantor Depdikbud setempat merintis jaringan kerja
sama dengan konsep “SD Sahabat” atau “sister school” sebagai analogi “sister
city” yakni dua kota di Indonesia dan negara lain yang bekerja sama seperti
“Bandar Lampung” Phoenix USA dan Bandung- Brounschiweig Jerman.
“Bandar Lampung” Phoenix USA dan Bandung- Brounschiweig Jerman.
4.
Melalui kerja sama dengan LPTK di adakan pelatihan bagi guru SD pedesaan
melalui sistem belajar jarak jauh dengan cara membuka kesempatan bagi guru SD
untuk mengikuti mata kulyah PKR dalam program sertifikasi kependidikan
Universitas terbuka.para guru peserta akan mendapatkan modul dan kaset audio
interaktif/ kaset videp interaktif PKR. Kegiatan belajar dilakukan secra mandiri
1- 2 orang dan bila perlu diadakan tutorial kunjung oleh dosen LPTK setempat
atau UPBJJ- UT setempat dalam rangka pelaksanaan dharma kepada pengabdian
kepada masyarakat.
5.
Dibawah koordinasi kepala sekolah atau pemilik sekolah merintis dan menggalakan
program “peer coaching” yakni peningkatan kemampuan guru PKR antar guru dalam
satu SD atau lintas SD. Guru SD yang telah memiliki kemampuan yang lebih baik
dalam menerapkan PKR ditugasi atau dikondisikan untuk membantu guru lain yang
belum begitu mahir atau belum dapat menerapkan PKR. Bentuk kegiatan ini
termasuk model pelatihan “each- one teach-one system” inisiatif bias dating
dari guru yang sudah memiliki kemahiran PKR atau dari guru yang memerlukan
kemahiran itu, atau dari kepala SD yang bersangkutan.
6.
Kantor Depdikbud setampat bekerja sama dengan LPTK menungkatkan kemampuan para
pemilik agar menjadi model guru PKR dan dapat membimbing guru SD salam
merancang, melaksanakan , dan menilai serta meningkatkan PKR di SD yang menjadi
tanggung jawab kepemilikannya. Pendekatan supervise klinis atau “clinical
supervision” dapat diterapkan dalam kegiatan tersebut dengan bantuan guru inti
atau dosen LPTK dalam rangka pengbdian kepada masyarakat.
BAB III
KESIMPULAN DASAR
KESIMPULAN DASAR
A.
KESIMPULAN
Seorang guru
yang mengajar di kelas rangkat tentunya harus memiliki keterampilan
pembelajaran dalam PKR, meliputi keterampilan dalam mengawali dan mengakhiri
dalam proses pembelajaran PKR yang dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian
siswa dalam proses pembelajaran, mendorong belajar asik dalam pembelajaran dan
meningkatakan kemandirian siswa untuk belajar mandiri, mengelolo kelas PKR
dengan baik, kemitraan antar guru dan antara guru dan masyarakat serta kepala
sekolah berperan aktif dalam pembinaan keprofesionalan guru PKR.
Penggunaan pola
pembelajaran kelas rangkap sangat ditentukan oleh kondisi dan kebutuhan
sekolah. Di sini kreativitas guru sangat dituntut. Model PKR Berbantuan Media
Audio lebih membantu tugas guru. Di samping itu, model ini dapat memudahkan
siswa dalam memahami materi serta bisa meningkatkan motivasi belajar. Hal ini
merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terutama bagi
sekolah yang melakukan pembelajaran kelas rangkap.
B.
SARAN
Setelah kita membahas pembelajaran kelas
rangkap kita sebagai calon guru diharapkan memahami konsep dan dapat
melaksanakan pembelajaran kelas rangkap sesuai dengan kondisi tertentu yang
menuntut guru melaksanakan pembelajaran kelas rangkap. Dengan diadakannya
pembelajaran kelas rangkap proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif
dengan kekurangan yang ada.
Lucky Creek Casino - JTG Hub
ReplyDeleteThe Lucky Creek Casino is 삼척 출장마사지 a casino located 파주 출장샵 just off I-395 in 대전광역 출장안마 Maricopa, Arizona. The casino has over 1,000 slots, 고양 출장샵 70 table games, 아산 출장샵